Cara Menyabarkan Hati yang Sedang Emosi



bertengkar dengan pacarTidak sedikit cobaan datang ketika kita sudah memutuskan untuk menjalin hubungan dengan pacar, pasti akan ada pertengkaran dalam hubungan tersebut. Cara menyabarkan hati yang sedang emosi adalah salah satu upaya mengembalikan rasa sabar agar tetap dapat kita kendalikan, karena dengan hati yang tenang akan lebih mudah mengambil keputusan bijak dalam segala hal, termasuk kelangsungan hubungan kita dengan si dia. Meskipun hal ini terlihat mudah, namun menyatukan dua hati bukan perkara gampang karena akan selalu ada kerikil kecil dalam setiap perjalanan. Dan apabila kita tidak punya komitmen kuat untuk tetap setia, bukan tidak mungkin itu akan menjadi awal dari terjadinya perpisahan.

Pada waktu masalah melanda seakan tidak ada penyelesaian selain dengan cara saling memarahi, saling menyalahkan sehingga tidak ada pihak yang ingin mengalah dan dapat dipastikan hal itu menjadi awal dari pertengkaran antara dua pihak. Membiarkan hal itu berkepanjangan hanya akan menyisakan rasa ingin menangis dalam hati, karena orang yang selama ini kita anggap sebagai sosok terdekat ternyata dapat bersikap keras pada kita.

Menerima kenyataan pahit kadang perlu waktu lama, tidak semua orang mampu menahan rasa ingin pergi jauh dari kenyataan hidup yang kadang menjadi bahan cemooh orang lain yang melihatnya. Memang, lebih mudah menilai seseorang daripada menyelesaikan masalah tersebut, ketika ada orang yang sedang ditimpa kesulitan maka orang lain cenderung berkomentar dan tidak sedikit yang mencibir, namun apakah mereka membantu kita untuk keluar dari kesulitan tersebut? Rasanya tidak, sangat sedikit orang yang mau peduli dengan orang lain meskipun hanya dalam perkara kecil. Kebanyakan dari mereka hanya akan jadi penonton dan mencela, jadi tidak usah didengarkan omongan yang hanya menghilangkan semangat kita.

Sudah menjadi tugas kita untuk selalu ada bagi pasangan, apalagi untuk orang yang sudah menikah. Mempertahankan keutuhan rumah tangga merupakan keharusan yang selalu ada. Namun ketika kesabaran kita sedang di uji, maka tidak ada salahnya meminta saran dari keluarga dekat atau sahabat yang dapat mendengarkan keluh kesah kita.

Beberapa tips meredakan hati yang lagi emosi:

  1. Berpikir kembali untuk masa depan
  2. Tidak mudah termakan hasutan
  3. Selalu berpikir dua kali sebelum memutuskan hal penting
  4. Menyendiri untuk ketenangan hati
  5. Menghindari terjadinya perdebatan dengan pasangan, kalau dia lagi marah lebih baik kita menghindar
  6. Menjaga kepercayaan
  7. Menarik nafas panjang dan ingat kewajiban kita

Beberapa point diatas mungkin terasa ada yang kurang apabila anda kaitkan dengan masalah yang saat ini sedang dihadapi, namun tidak ada salahnya mempertimbangkan tips tersebut untuk anda kembangkan sendiri sehingga setiap masalah yang datang selalu ada jalan keluar. Menghindari kata kata bete apalagi itu didepan pasangan adalah sangat penting. Karena ketika dia tahu bahwa kita mengeluh maka itu akan membuatnya berpikir bahwa kita tidak lagi punya harapan akan kebaikan hubungan tersebut.

Akan lebih baik kalau kita dapat melatih diri menjadi pribadi yang kuat dalam menghadapi segala cobaan, membiarkan hal buruk berlalu dengan tetap tabah dalam setiap kesempatan. Kalau hal ini dapat dilakukan pasti akan ada jalan keluar yang baik untuk menemukan bahwa kita memang masih memerlukan orang tersebut meskipun saat ini sangat marah padanya. Dan menjaga hubungan baik itu akan memberikan kita kesempatan kedua untuk memperbaiki hubungan dengannya termasuk memberikan ruang untuk berbaikan lagi seperti dahulu.



loading...

Leave a Reply